Rabu, 25 Januari 2012

jenis-jenis Serangan pada Jaringan Komputer Nirkabel


Jenis-jenis Serangan pada Jaringan Komputer Nirkabel

Setiap Jaringan komputer pasti memiliki celah-celah lubang keamanan. Ada beberapa jenis serangan yang terdapat pada jaringan Wireless yang perlu kita ketahui. Untuk mengamankan jaringan nirkabel yang kita miliki, ada baiknya kita mengetahui jenis serangan yang dapat menghantam jaringan nirkabel. Beberapa jenis serangan yang umum digunakan para penyusup adalah:
1. MAC Address Spoofing
Metode penyerangan ini dilakukan dengan cara memalsukan/menggunakan MAC Address dari sebuah komputer yang memiliki hak untuk mengakses suatu jaringan nirkabel. Serangan ini akan berhasil apabila dalam hotspot tidak ada metode validasi lain yang digunakan selain berbasis MAC Address saja.

2.
WEP Attack
Saat ini, serangan ini merupakan metode yang cukup populer digunakan dibanyak hotspot. Sebabnya boleh jadi karena metode pengamanan WEP kini sudah menjadi pengamanan default dalam setiap access point yang ada dipasaran. Serangan ini akan berhasil dilakukan oleh penyusup jika pada access point tidak dipakai metode pengamanan lain, kecuali proteksi berbasis WEP.

3. Man in the middle attack
Metode penyerangan ini memang tidak mudah. Penyerang dengan keahliannya akan mencegat data yang lewat dari dua titik (misalnya dari access point ke client atau sebaliknya), lalu "meracuni" salah satunya. Jika serangan ini berhasil, penyusup dapat mengambil alih koneksi client, mencuri data, bahkan memanipulasi data yang lewat pada jaringan nirkabel

4. Rouge Access Point
Pada metode ini, penyusup membuat sebuah access point palsu. Tujuannya adalah agar user akan tertipu sehingga akan mengakses access point palsu ini. Jika user sudah terhubung ke access point palsu ini, penyerang akan dengan leluasa melakukan akisnya pada komputer user yang menjadi korbannya.

5. DoS Attack
Serangan ini bertujuan untuk melumpuhkan layanan akses yang disediakan access point. Metode serangan dilakukan dengan mengirim paket data secara terus menerus ke access point sasaran sehingga itu kewalahan dan akhirnya hang. Jika sudah hang, access point lalu tidak akan bisa lagi melayani koneksi jaringan, baik dari user maupun dari internet atau server. Serangan ini sangat sulit dicegah karena bertujuan untuk melumpuhkan akses ke access point.
Pencegahan dan solusi pengamanan

Setelah kita menyimak beberapa pencegahan diatas, ada beberapa tips yang dapat dijadikan solusi untuk mengamankan jaringan nirkabel, beberapa solusi tersebut diantaranya :
1. Sebaiknya hindari membuka situs yang membutuhkan password dan username, seperti situs email, facebook, friendster, atau situs perbankan, khususnya pada jaringan nirkabel yang tidak dilindungi oleh protokol enkripsi yang baik seperti WPA/PSK

2. Gunakan enkripsi yang baik untuk melindungi pencurian data pada jaringan

3. Gunakan koneksi VPN jika memungkinkan
4. Gunakan antivirus yang dilengkapi dengan pengamanan internet atau gunakan selalu firewall untuk melindungi komputer

5. Selalu waspada dengan aneka file yang kita share dengan orang lain, baik via hotspot maupun via situs internet

6. Waspada dengan pengguna lain di hostpot umum, karena siapa tau dia sedang menyadap akses jaringan kita.

Jika Anda merupakan seorang administrator dalam sebuah hotspot, anda dapat melakukan hal berikut :

1. Hindari penggunaan password pada nilai default

2. Hindari penggunaan default setting pada access point

3. Hindari penggunaan open authentication

4. Hindari penggunaan
WEP, ganti dengan WPA, WPA2 atau WPA2 with pre-shared key

5. Hindari penggunaan default key

6. Hindari penggunaan MAC Address Restriction karena tidak berguna

7. Hindari penggunaan Hidden SSID karena tidak berguna

8. Gunakan static ARP untuk menghindari serangan Man-in-the-middle-attack

9. Perhatikan log secara berkala dan cermat untuk melihat kejanggalan

10. Gunakan traffic monitoring untuk memantau koneksi client pada jaringan nirkabel.

0 komentar:

Posting Komentar